Topologi Jaringan


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI JARINGAN


  1. Topologi Ring

    Topologi Ring adalah topologi jaringan dari beberapa komputer yang masing-masing terhubung ke komputer lainnya, sehingga membentuk jalur melingkar seperti cincin. Topologi ini cenderung tidak efisien, karena data yang di kirim akan melewati beberapa komputer lain sebelum mencapai komputer tujuan. Topologi ring ini bisa menjadi topologi dual ring dengan dua jalur yang berlawanan arah. Jalur kedua hanya untuk cadangan saja jika jalur satunya bermasalah.


    Kelebihan :

    - Mudah untuk dirancang dan diimplementasikan
    - Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun.
    - Mudah untuk melakukan konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru.
    - Mudah untuk melakukan pelacakan dan pengisolasian kesalahan dalam jaringan karena menggunakan konfigurasi point to point
    - Hemat kabel
    - Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data

    Kekurangan :

    - Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin ganda (dual ring).
    - Pengembangan jaringan lebih kaku, karena memindahkan, menambah dan mengubah perangkat jaringan dan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
    - Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat tergantung pada jumlah titik/node yang terdapat pada jaringan.
    - Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
    - Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles.


  2. Topologi Bus

    Topologi Bus merupakan topologi jaringan yang seluruh perangkatnya saling terhubung satu sama lain hanya menggunakan kabel tunggal yang disebut bus. Bus inilah yang kemudian menjadi pusat lalu lintas data dari seluruh perangkat komputer yang terhubung.


    Kelebihan :

    - Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain
    - Biaya pembangunan topologi murah
    - Tidak membutuhkan Hub atau Switch
    - Layout kabel sederhana

    Kekurangan :

    - Menambah pernagkat akan memperlambat jaringan
    - Keamanan data tidak terjamin
    - Kerusakan kabel utama akan mempengaruhi seluruh jaringan
    - Kepadatan pada jalur lalu lintas


  3. Topologi Star

    Topologi Bintang merupakan topologi jaringan dari beberapa komputer yang terhubung melalui titik tengah yaitu Hub/Switch. Hub/Switch berkeja sebagai perantara yang akan meneruskan data yang dikirim untuk komputer lain.


    Kelebihan :

    - Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
    - Tingkat keamanan termasuk tinggi.
    - Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
    - Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
    - Akses Kontrol terpusat.
    - Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
    - Paling fleksibel.

    Kekurangan :

    - Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
    - Boros dalam pemakaian kabel.
    - HUB/SWITCH jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.
    - Peran hub sangat sensitif sehingga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut - akan down.
    - Jaringan tergantung pada terminal pusat.
    - Jika menggunakan HUB dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.
    - Biaya jaringan lebih mahal daripada bus atau ring.


  4. Topologi Mesh

    Topologi Mesh adalah topologi jaringan yang setiap perangkat terhubung secara langsung keperangkat lainnya yang ada dalam satu jaringan atau biasa disebut dengan dedicated links.


    Kelebihan :

    - Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
    - Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
    - Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
    - Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

    Kekurangan :

    - Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
    - Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
    - Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

  5. Topologi Tree



    Topologi Tree adalah topologi yang menggabungkan topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone.


    Kelebihan :

    - Merupakan topologi yang terbaik untuk jaringan komputer yang besar dibanding jenis topologi komputer lainnya seperti ring dan star tidak cocok untuk skala seluruh jaringan. Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang mudah diatur.
    - Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
    - Semua komputer pada model topologi pohon ini memiliki akses segera ke node tetangga dalam jaringan dan juga hub pusat. Jaringan semacam ini memungkinkan beberapa perangkat jaringan dihubungkan dengan hub pusat.
    - Mengatasi keterbatasan dari topologi jaringan star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub dan keterbatasa lalu lintas siaran yang diinduksi topologi jaringan bus.
    - Jenis topologi pohon ini menyediakan cukup ruang untuk ekspansi jaringan masa depan.
    - Mudah mengembangkan menjadi jaringan luas
    - Mudahnya mendeteksi kerusakan atau kesalaahan
    - Manajemen data yang baik 

    Kekurangan :

    - Ketergantungan dari seluruh jaringan pada satu hub pusat adalah titik kerentanan untuk topologi ini. Kegagalan hub pusat atau kegagalan utama data cable trunk, dapat melumpuhkan seluruh jaringan.
    - Dengan peningkatan ukuran luar titik, pengelolaan menjadi sulit.
    - Kinerja yang lambat
    - Hub menjadi peran penting
    - Menggunakan biaya yang banyak karena menggunakan banyak kabel dan hub
    - Jika komputer yang ada di tingkat tinggi mengalami masalah, maka komputer yang dibawahnya juga mengalami masalah


  6. Topologi Hybrid

    Topologi Hybrib merupakan Gabungan dari dua atau lebih topologi yang berbeda dan berpadu menjadi satu bentuk baru pada sistem jaringan komputer. Bila topologi yang berbeda terhubung ke satu sama lainnya dan tidak meperlihatkan satu karakteristik / ciri khas topologi tertentu maka topologi tersebut dapat dikatanakan topologi jaringan hybrid.


    Kelebihan :

    - Topologi Hybrid mengkombinasikan konfigurasi yang berbeda tapi dapat bekerja dengan sempurna untuk jumlah lalu lintas jaringan yang berbeda. 
    - Salah satu keuntungan yang menonjol dari topologi hybrid adalah fleksibilitas nya. Topologi jaringan hybrid dirancang sedemikiana rupa sehingga bisa diterapkan pada sejumlah lingkungan jaringan yang berbeda. 
    - Menambahkan koneksi perifer lain cukup mudah, seperti node baru. 
    - Ketika link tertentu dalam jaringan komputer mengalami gangguan, tidak menghambat kerja dari jaringan lainnya. 
    - Kecepatan topologi tergolong konsisten, seperti menggabungkan kelebihan dari setiap topologi dan menghilangkan kekurangannya. 
    - Dapat dikombinasikan dengan berbagai topologi jaringan komputer lain tanpa perlu membuat perubahan apapun pada topologi yang sudah ada. 
    - Kelebihan topologi hybrid yang paling penting adalah mengabaikan kekurangan topologi yang berbeda yang terhubung dan hanya akan dipertimbangkan segi kelebihannya walaupun topologi jaringan hybrid kelihatan sangat rumit tapi merupakan solusi untuk perluasan jaringan tanpa harus merombak topologi jaringan yang telah terbentuk sebelumnya.

    Kekurangan :

    - Karena merupakan penggabungan beberapa bentuk topologi, maka pengelolaan topologi akan menjadi lebih sulit. 
    - Konfigurasi dan Instalasi dari topologi ini sulit karena ada topologi yang berbeda yang harus dihubungkan satu dengan lainnya, pada saat yang bersamaan harus dipastikan pula bahwa tidak satupun dari node dijaringan gagal berfungsi sehingga membuat konfigurasi dan instalasi pada topologi hybrid menjadi rumit. 
    - Dari segi ekonomis, jaringan hibrid sulit dipertahankan karena membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan topologi jaringan yang murni atau dalam satu bentuk. Faktor biaya ini berhunungan dengan biaya penambahan hub dan Biaya pengkabelan yang meningkat. 
    - Terlepas dari keuntungan dan kerugian topologi hibrid harus diakui bahwa tidak ada kekhawatiran untuk mengubah / meracik topologi yang telah ada jika kebutuhan perluasan jaringan diperlukan. Jika dibandingkan kelebihan dan kekurangan dari topologi komputer lain, boleh dikatakan bawa topologi hybrid adalah salah satu yang terbaik.

Komentar

Postingan Populer